Tuesday, February 2, 2010

Menyingkap tabir 2012


Tentunya kita semua tau atau paling tidak pernah mendengar tentang 2012 serta hal-hal yg berkaitan dengannya
Berhembusnya kabar mengenai ramalan suku maya yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir pada tahun 2012,atau tepatnya 21 desember 2012 tak ayal membuat sebagian orang resah,apalagi dengan beredarnya film berjudul sama yang menceritakan tentang terjadinya bencana besar ditahun 2012.
Nah,mungkin diantara kita ada yang bertanya-tanya,apakah ramalan itu benar-benar ada?dan apakah benar ramalan itu berisi atau menyinggung tentang kiamat?
Oke,disini saya akan menceritakan apa yang saya tau tentang 2012,yang mana informasi ini saya dapat di internet.
Baiklah sebelumnya saya akan menceritakan asal usul ramalan tersebut.
Ramalan tentang 2012 berasal dari satu suku kuno di meksiko yang bernama suku maya,suku ini sendiri dikenal sebagai suku yang memiliki peradaban yg sudah maju,bahkan bisa dibilang sangat maju untuk saat itu.
Ini bisa dilihat dari adanya sistem penghitungan waktu yang mereka buat,dan juga mereka sudah menguasai ilmu astronomi yg menakjubkan.
Untuk
Penghitungan waktu sendiri suku maya menggunakan 3 jenis kalender atau penanggalan.
Adapun ketiga kalender itu yaitu:
1.Tzolkin.
2.Haab.
3.Long Count.
Tapi saya hanya akan membahas kalender ketiga saja karena,kalender inilah yg berhubungan dengan ramalan 2012 tersebut.
Berbeda dengan Tzolkin dan Haab yang merupakan kalender siklus,Long count merupakan kalender linear yang dimulai dari hari 1,sama dengan kalender yang kita pakai.apabila kita memulai kalender kita dari tanggal 1 masehi,maka kalender Long count dimulai dari tanggal 13 agustus 3114 SM(tanggal penciptaan bumi menurut suku maya).
Kalender gregorian yang kita pakai memiliki unsur hari,minggu,bulan,tahun.sedangkan Long count memiliki unsur kin,uinal,tun,katun,baktun.Tidak usah bingung!ini penjelasannya.
1kin=1hari.
1uinal=20kin=20hari.
1tun=18uinal=360kin=360hari.
1katun=20tun=7200kin=7200hari.
1baktun=20katun=144000kin=144000hari.

Penulisan kalender maya harus mengikuti urutan diatas tapi dimulai dari kanan.untuk menggunakan sistem penghitungannya agak rumit dan membutuhkan software khusus untuk mengkonversikan dari Long count ke Gregorian,jadi tidak bisa saya uraikan disini.
Jadi langsung saja kita bahas mengenai darimana datangnya 2012 atau lebih tepatnya 21 desember 2012.ingat saja yang ini: 1baktun=144000hari.
Menurut buku popol vuh yang menceritakan detail penciptaan,kita hidup pada masa penciptaan ke-4.Popol vuh menceritakan 3 penciptaan gagal dilakukan oleh dewa.baru pada penciptaan ke-4 lah yg berhasil dan manusia ditempatkan dibumi.
Menurut Long count maya,penciptaan ke-3 yang gagal berakhir pada tanggal 13 agustus 3114SM,dan penciptaan ke-4 dimulai pada tanggal itu dan akan berakhir setelah 13baktun.
13baktun apabila ditulis dengan format maya menjadi 13.0.0.0.0.Apabila dikonversikan berdasarkan perbandingan diatas,maka hasilnya 13baktun X 144000hari=1872000hari=5125tahun.
Jika dihitung dari tanggal 13 agustus 3114 SM,maka hari ke 1872000 akan jatuh pada tanggal 21 desember 2012.Jadi menurut suku maya hari penciptaan akan berakhir pada baktun ke-13.Ini disebut siklus besar.Dari sinilah muncul penafsiran kiamat 2012.Nah penjelasan ini telah menjawabw pertanyaan pertama.
Dan sekarang kita sampai pada pertanyaan kedua,apakah ramalan tersebut menceritakan/menjelaskan tentang kiamat?mungkin banyak yang belum mengetahui,kalau suku maya sesungguhnya tidak pernah mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012.Ya,kita semua tidak salah mendengar,karena penafsiran kiamat sendiri muncul dari beberapa peneliti asing yang mempelajari suku maya.
Dengan kombinasi marketing yang efisien,yang tentunya untuk tujuan komersil,penafsiran ini menyebar dengan cepat keseluruh dunia.
Saya sendiri memandang kehebohan ini tidak lebih hanya sebagai wacana dan interpretasi arkeologi,bukan sebagai penafsiran agama.
Jadi jika anda semua membaca tulisan ini,pandanglah dari segi itu juga.Anggap saja kita sedang membaca salah satu dari puluhan teori arkeologi yang terselip dalam buku pelajaran sekolah.
Ohya supaya lebih jelas,perlu kita semua ketahui kalau penafsiran tentang kiamat 2012 ini telah disanggah oleh arkeolog,ahli suku maya dan juga oleh sesepuh suku maya sendiri.Apolinario chile paxtun seorang sesepuh suku maya mengatakan bahwa ide kiamat 2012 datang dari orang-orang barat,bukan suku maya.
Jadi,menanggapi berita tentang kiamat 2012 ini yang semakin jelas terdengar menyertai beredar atau diputarnya film dengan tema serupa,menurut saya tidak lebih dari tekhnik marketing yang cerdas untuk mendukung film keluaran holywood tersebut agar sukses dan meraup keuntungan besar.
Dan jika semua ini marketing, apakah kita akan membiarkan hidup kita dipengaruhi olehnya?tentu tidak!
Akhir kata,semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

(foxnews.com,skepdic.com,mayan-calendar.com,wikipedia,x-file.enigma)

No comments:

Post a Comment