Sunday, April 4, 2010

SEGWAY-Nyaman,menyenangkan dan ramah lingkungan

Maaf sebelumnya kalau pembahasan kali ini kurang menarik,karena saya tidak akan membahas hal-hal yang besar atau pun fenomenal.Namun setidaknya bisa menambah wawasan kita mengenai masalah lingkungan.
ya,saya akan mengulas tentang sebuah kendaraan yang ramah lingkungan.Tentunya kita semua tahu kalau isu lingkungan adalah hal yang tidak bisa kita kesampingkan.


Tentu kita semua banyak tahu akan kendaraan ramah lingkungan untuk dalam kota,daftarnya pun banyak,mulai dari mobil berteknologi hybrid,konsep kendaraan yang menggabungkan dua sumber tenaga penggerak mesin dan listrik,sampai yang betul-betul berpenggerak baterai.
Dan meskipun sudah banyak yang diproduksi dan sebagian lagi masih berupa konsep,harga yang mahal juga menjadi kendala populernya alat transportasi tipe ini.Ada satu kendaraan yang cukup menarik,simpel,fun dan tentunya ramah lingkungan.

Peerkenalkan!Segway,sebuah kendaraan listrik beroda dua yang pintar.Kendaraan yang sepintas seperti kursi roda ini menyimpan teknologi canggih didalam bodi mungilnya.
Segway adalah kendaraan yang dibuat oleh perusahaan Segway LLC yang berbasis diBedford,New Hampshire untuk digunakan didalam kota.Selain  itu kendaraan ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan transportasi yang praktis dan bebas polusi.
Segway PT(personal transportasi) digerakkan oleh motor listrik bertenaga baterai yang mampu membawanya berlari hingga 12,5mph(20,1km/jam),dan dalam kondisi baterai terisi penuh segway sanggup berjalan sejauh 24-40km,tergantung medan.
Segway juga dilengkapi kemampuan menyeimbangkan diri sehingga mampu berdiri diatas kedua rodanya.Ini tak lepas dari banyaknya sensor,meliputi dua tilt sensor,lima gyroscop,serta software yang  dijalankan  oleh komputer yang dibenamkan didalamnya.Cara kerjanya sendiri yaitu ketika ada dorongan atau gerakan yang merubah keseimbangan,gyroscop akan mendeteksinya dan mengirimkan sinyal ke unit komputer agar mempertahankan keseimbangan dengan menggerakan motor kearah yang sama.Semakin besar gerakan atau dorongan yang diterima sensor,semakin cepat pula roda berputar untuk mengimbangi.
Selain itu segway juga dilengkapi sensor gerakan yang digunakan untuk mengatur arah dan laju kendaraan.
Jadi pengendara cukup naik dan mengontrol kendaraan hanya dengan mencondongkan tubuhnya,begitu juga ketika hendak berbelok.Pengendara juga bisa memantau lewat panel monitor diatas setang ,yang memberi informasi kondisi dan kecepatan.


 Segway sudah banyak dijumpai di banyak negara,diantaranya negara-negara eropa,australia,jepang,dan banyak lagi.Bahkan segway digunakan oleh pihak kepolisian dalam latihan pengamanan olimpiade musim panas di California.


Jadi ada banyak pilihan transportasi masa depan yang terjangkau dan tentunya ramah lingkungan,dan segway salah satunya.Karena itu tidak berlebihan jika dimasa yang akan datang,saya berharap segway mengaspal dijalanan umum diindonesia.

Menurut kalian...?

(wikipedia)




No comments:

Post a Comment